Sabtu, 07 Februari 2009

Asyiknya Jadi PSK

Lima dari anggota PSK

Gempa bumi Nias tanggal 28 Maret 2005 yang berkekuatan 8,2SR menewaskan ratusan bahkan ribuan orang membawaku menjalani profesi ini. Disni aku bertemu rekan2 seprofesi dan seperjuangan yang lucu2, pokoknya gak kalah lucu dengan srimulat.

Ada Roy dorman yang berasal dari Manduamas negri anta berantah. Orangnya asyik, ramah (rajin menjamah) and cowok murahan (siapa saja di tampung di kamarnya yang luasnya gak lebih dari 2x2m, termasuk aku yang sering menghabiskan weekend di Gunung sitoli). Ngakunya sih Roy lefrand, padahal lebih pantes kalau dijuluki roy klaperan, karena badannya yang kurus kering, tinggal angin and tulang, kalau kentut tulanglah yang tersisa.

Ada Elis yang gak kalah hebatnya dengan Deby Sehartian yang menciptakan bahasa gaul, tapi elis menciptakan bahasa digauli. Contohnya jeruk nipis menjadi jeryuk nipais, pipis menjadi paipais, elis menjadi elais… pokoknya elais memperkosa bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan e ye de.

Ada Siti Dini maisayarah yang paling seneng kalu dipangil imey (no mesin HP). Anaknya rajin, jujur, ramah, tamah, sopan, santun dan tidak suombong. Salah dua dari keunggulannya adalah never say no dan sedikit pelupa. Jadi tips untuk buat janji dengan imey, siapa telat dia dapat. Ngehh gak siih?? Gini contohnya: “Mey nti makan siang bareng ya” kata elais via telpon. “Ok dech” jawab imey tanpa pikir 2 kali. Sejam kemudian “Mey renang yuks” ajak roy. “iihhhhh mau dong” jawab imey tanpa merasa bersalah telah mengkhianati elais. Jam makan siang tiba. 1 message received “Aku uda di depan rumah, elais”. “Elais aku lagi jalan ama roy, mo renang, gabung yuk!!” Jawab imey diujung telponnya tanpa merasa berdosa. “50 x 2 capek dechhh, Ketik C spasi D capek dechhh” Jawab elais via SMS.

Ada Budi yang paling senang diuji, puji, suci, wangi, sepanjang hari. Orangnya suka bergaya jadul 70s. Dan yang paling gila pada saat farewell partynya (resign karena diterima di t4 laen). Idenya gila abizzz. Niy anak buat lucky draw, tau gak hadiahnya? Dia lelang barang2 bekasnya seperti lucky draw. Ada yang dapet obat bekas, payung rombeng, jacket second. Hadiah utamanya upsss maaf C-KO (cakep kotor) dapat CD (celana dalam) bekas…

Ada Elvina, dijuluki sebagai wonder woman karena kehebatannya. Seorang single parent yang sibuk mengasuh hasil buah percintaanya Donda namanya. Sekarang duduk di bangku kelas 4SD (suaminya meninggal ketika dia mengandung 9bulan). Keunikannya kalau sudah kerja lupa maen, (kalau sudah maen lupa kerja). Typical cewek yang pekerja keras.

Trus ada Martha. Sekarang bert4 tinggal di daerah tari hula2 berasal. Suaminya dari negri paman sam dan anaknya baru satu (cewek). Suka buat janji dan gak ada hujan gak ada badai last minute janjinya di batalin. Maaf ya Mar buka kartu. Tapi bagaimanapun orangnya baek hati, suka menawarkan bantuan dan tidak segan2 menawarkan jasa menjadi supir pribadi kami hehehheheheh.

Karena memiliki kegilaan, kebodohan, kehebohan yang dibilang hampir mirip dan merasa seumur, sejiwa, sesaudara, sejigong, tercetuslah ikhar membentuk satu genk, kami namai R2S (rekan-rekan sebaya). Tapi tidak bertahan lama, karena penduduknya pada urbanisasi. Seperti Martha ikut suaminya ke hawai, Imey balek ke Medan (mo deket mama), Budi udah berada di Teluk Dalam (gabung dengan NRP), Ibu Elvina sibuk dengan kerjaannya merancang Pengurangan Resiko Bencana (sekarang di juluki Ina Laptop, ina dalam bahasa Nias artinya Ibu)

Karena kekurangan anggota, akhirnya kami yang tersisa melakukan ekspansi untuk menambah pergaulan. Malam perayaan 2 taon gempa di Pantai Bunda membawa kami bertemu rekan2 sesama PSK laennya. Ada jeung agil (Aji Gile) dari UN, Jeung Pit Darma dari SCUK, Jeung Ade Dermawan dari SCUK, Jem But (misstype seharusnya jeung bud) dari NRP, Jeung Novri dari CWS, Pokoknya ada jeung2 laen yang kalau disebutin jumlahnya lebih dari ratusan. Karena ada ekspansi maka ada perubahan nama genk, anak2 setuju dengan nama J2C (jeung-jeung club).

Disini era kehidupan baru di mulai. Nias yang kami juluki City of Nothing (no swimming pool, no plaza, no gym, no theatre) membuat kami ingin mengeksplore alamnya. Banyak hal yang kami kunjungi di sini, budaya, alam dan pantai. Mau tau apa adja yang kami temukan disini? Akan aku ceritakan diepisode yang akan datang. Trus pantengi traveller mania.


Jangan negative thinking doloe. PSK itu adalah kependeken dari Pekerja Sosial Komersial. Selaen yang aku ceritakan tadi banyak fasilitas laen yang tidak diberikan oleh profit oriented company. Misalnya:
Ada Housing Allowences atau disediakan guest house.
Ada Annual leave of 2,5days per completed month of service, jadi satu taon cutinya 30 hari. Puas dech tuk berlibur..
Ada Sick leave of 2 days percompleted month of services, gak butuh surat dokter lho. Jadi bisa PPS (pura2 sakit).
Ada 5 working days R&R (rest & relax) per completed 3 months of service, tiap tiga bulan sekali boleh liburan plus dapat return ticket gratis dari point of hire.

Ada R&B = rest in bed hehehehhe…
Kalau uda bosan dapat RnR alias resign never return.

Catatan kaki
Tuhh asyik khan jadi PSK, kalau uda tau jangan bilang siapa2, takut banyak yang berminat, jadi banyak saingan. Aku khan takut tersaingi.

1 komentar:

Jangan sungkan tuk ninggali komen. Plissssss